0

 

Sucikan diri dengan mandi, sucikan hati dengan puasa.Mari kita sambut ramadan dengan secangkir semangat membara, Dears.

Bulan penuh keberkahan selalu dinanti seluruh umat islam. Banyak di antara kita telah membuat list yang akan ia tunaikan di bulan ramadan seperti halnya membaca Alquran, salat sunnah, baca zikir pagi dan petang, sedekah dan hal lainnya.

Namun, ada juga manusia yang bermalas-malasan berpuasa, karena tak sanggup menahan godaan dari haus dan lapar saat puasa, tetapi siapa yang menyangka, Dears. Bulan puasa mempunyai sederet manfaat ajaib bagi tubuh kita, loh!

Kamu ingin tahu, apa saja manfaat dari orang-orang yang menjalani puasa? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1.       Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Bagi perempuan menurunkan berat badan sangatlah sulit, boro-boro mikirin makanan sehat. Kamu selalu tergoda makanan yang mengandung kolesterol, sehingga endapan makanan yang kamu  makan tersimpan  dan menjadi lemak perut. Risih kan ya? Terlihat gendut, tetapi ketika kamu berpuasa  akan terjadi dampak penurunan berat badan dikarenakan usus di dalam tubuh akan bersih dari sisa-sisa endapan makanan.

Selain itu, berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung  (stroke) .

2.       Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan hasil penelitian, berpuasa dapat meningkatkan limfosit 10x lipat dalam tubuh, hal itu jua akan berpengaruh baik terhadap sistem imunitas tubuh kamu, Dears. Sehingga menghindarkan tubuh kamu dari berbagai virus yang berasal dari makanan luar yang tidak baik.

3.       Pola Pikir Jadi Lebih Tajam

Siapa sangka, unik manfaat berpuasa yang lainnya adalah  pengaruh  pemikiran bekerja tajam dan kreatif karena kamu fokus berkonsentrasi pada satu hal. Itu akan terjadi ketika kamu berpuasa, karena produksi protein  (BDNF) mengalami peningkatan. BDNF atau dikenal dengan nama Brain-derived neurotrophic factor  mampu mengaktifkan sel induk otak yang diubah menjadi neuron baru dan memicu produksi senyawa kimia lainnya yang bisa meningkatan kesehatan syaraf.

4.       Jantung Sehat Dan Pembuluh Darah Lancar

Saat kamu berpuasa  terjadi peningkatan HDL dan penuruan LDL yang dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah kamu, Dears. Sebuah penelitian telah  menunjukkan bahwa orang yang berpuasa sebulan sekali menurunkan resiko 58% terkena penyakit jantung.

Menyehatkan Ginjal

Ginjal dapat menyaring zat apapun yang masuk ke dalam tubuh misalnya saat kamu makan dan minum. Namun, ketika berpuasa ginjal menjadi sehat dan mampu berfungsi maksimal kekuatan osmosis urin mencapai 1000- 12.000 ml osmosis/kg air.

6.       Mencegah Penyakit Diabetes

Dears, dengan puasa kamu mampu mengontrol kadar gula tinggi dalam tubuh, loh. Sehingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh terjaga dengan baik.

7.       Mempercepat Metabolisme

Manfaat lain dari puasa, metabolisme dalam tubuh dapat membakar kalori secara efisien ketika kamu berpuasa, karena dengan berpuasa sistem pencernaan akan mempunyai waktu istirahat yang panjang dalam mengatur proses pencernaan.

8.       Membersihkan Kulit Dan Mencegah Jerawat

Dears, ternyata berpuasa memberi manfaat dalam membantu kamu membersihkan kulit secara alami dikarenakan tubuh bebas dari tugas memeroses makanan di pencernaan. Selanjutnya dengan berpuasa mampu membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti ginjal, hati, dan bagian yang lainnya.

 Bagaimana Dears masih ingin bermalas-malasan berpuasa di bulan ramadan? Semoga informasi di atas bisa membantu kamu melawan rasa malas ya. Selamat beraktifitas dan semangat berpuasa. 


Post a Comment

 
Top